Sunday, July 15, 2018

"Gerakan Bersih Kali", Aksi Nyata Anak Muda Kekinian

kaboeline.com - Minggu, 15 Juli 2018 beberapa warga dan aktifis yang tergabung dalam "GERAKAN BERSIH KALI" melakukan aksi nyata dengan membersihkan sungai dari sampah di desa Margomulyo kecamatan Watulimo. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan akan kebersihan dan ekosistem sungai yang terancam akibat ulah masyarakat yang belum sadar untuk membuang sampah pada tempah yang semestinya. 

Pemerintah desa setempat berpesan kepada masyarakat agar segera meninggalkan kebiasaan buruk selama bertahun-tahun membuang sampah sembarangan. Kepala desa juga berpesan kegiatan ini kalau bisa jangan cuma musiman. Syukur bisa diadakan Jum'at bersih sebagai kegiatan rutinan. 

Gerakan positif tersebut dimotori oleh komunitas Jaringan Aksi Masyarakat Untuk Budaya dan Ekologi (JAMBE) adalah aksi lanjutan untuk membersihkan sungai dari pencemaran akibat pembuangan limbah dari tempat pengolahan ikan laut (Pemindangan) yang ada di sekitarnya. Kondisi tersebut diperparah dengan banyaknya sampah yang menutup aliran sungai.

Aksi bersih sampah serentak ini juga diikuti berbagai komunitas anak muda lainnya seperti QLC, CNBB, ORARI, NIPONK, MATSANEWA, GUPILI (Gubuk Pinggir Kali) juga bersinergi dengan DINAS PKPLH serta melibatkan Pemerintah Desa setempat. Meskipun berasal dari daerah luar kabupaten, hal tersebut tak menyurutkan semangat aktivis Sahabat Alam Blitar meskipun untuk turut berpartisipasi bergabung dalam aksi solidaritas ini.

Sangat baik jika aksi ini menjadi contoh bagi anak - anak muda di kabupaten Trenggalek dalam menjaga lingkungan sekitar. Berani tidak membuang sampah sembarangan harus dimulai dari diri sendiri. Apalagi kebersihan sungai wajib dijaga demi kelangsungan hidup ekosistem yang ada di sungai. Dan seperti mimpi - mimpi warga di kabupaten ini untuk menunjukkan Trenggalek layak disebut "Southern Paradise".














1 comment: