Sunday, October 1, 2017

Nasi Tepo Bikin Kepo

kaboeline.com - Berbicara soal makanan atau kuliner yang bercita rasa tradisional alias ndeso, Dongko adalah tempatnya. Selama hampir 8 tahun saya sering bolak – balik kesini ketika mudik, pasti ada menu baru dan unik yang saya temui. 

Masyarakat disana sudah familiar dan biasa menyebut makanan sederhana ini dengan nama "NASI TEPO". Cara memasaknya cukup mudah, pertama - tama nasi karon dibungkus dengan daun pisang kemudian dimasak sampai matang. Cara penyajiannya cukup ditambah dengan sayur lodeh tempe tahu. Kalau lauknya bisa pilih sendiri ya!! Hehehehe..

Menurut cerita beberapa orang konon, nasi tepo ini biasanya digunakan sebagai bekal masyarakat Dongko yang sedang bepergian ke ladang atau ke pasar. Karena jarak yang cukup jauh dan harus berjalan kaki, nasi tepo ini bisa sebagai penghilang lapar. Karena cara memasaknya yang berbeda nasi tepo ini juga tidak cepat basi. Ukurannya tidak terlalu besar dan rasanya mirip dengan nasi gegok, mungkin karena daerah Dongko dan Bendungan juga sama - sama daerah pegunungan. Bedanya pada kedua makanan ini ada pada sayur pelengkapnya saja dan rasanya tidak terlalu pedas. 

Mungkin nasi gegok boleh terkenal sekarang ini, tapi setidaknya nasi tepo ini cukup hits di daerah kecamatan Dongko. Bahkan pada acara - acara resmi di kecamatan, seperti Grebeg Suro kemarin, nasi tepo menjadi bagian yang tak boleh ditinggalkan. Pada acara tersebut selain benih - benih tanaman, nasi tepo juga menjadi rebutan warga yang hadir. Dan akhirnya rasa penasaran saya dengan makanan ini terbayar sudah, enam bungkus nasi tepo siang itu berhasil mengobati perut lapar.

5 comments:

  1. NASI TEPO iki aku lagek krungu, enak tenan ketarane. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak kalau makan di dongko mas..terbawa suasana...hehehhee

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mantap sama lauk nya tempe goreng kering tipis tipis kriyuk

    ReplyDelete