Wednesday, October 18, 2017

Ada Apa di "EMBUNG TAMBONG" PULE?

kaboeline.com - Baru – baru ini komunitas dari elemen masyarakat yang tergabung di Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pule berhasil membuat terobosan dengan mengembangkan Wana Wisata “EMBUNG TAMBONG”. Mereka memanfaatkan lahan dari perhutani untuk disulap menjadi tempat bermanfaat khusunya bagi warga sekitar. 

Berada di wilayah desa Pule Kecamatan Pule tempat wisata baru ini menawarkan pemandangan khas pegunungan. Anda juga bisa memanfaatkan spot waduk air buatan, taman bunga, dan rumah pohon untuk sekedar foto bersama dengan keluarga atau teman. 

Akses menuju kesana juga tidak terlalu sulit, berjarak kurang lebih 20 km anda tinggal memilih jalur Trenggalek – Dongko, dan sampai dipertigaan kecamatan Suruh silahkan ambil jalur belok kanan menuju kecamatan Pule. Kondisi jalan yang lumayan bagus tidak akan mengganggu perjalanan anda untuk sampai ke tempat ujuan sekitar empat puluh lima menitan.

Mendapat dukungan dari pemerintah setempat, relawan komunitas ini sudah menggelar beberapa acara yang melibatkan banyak orang seperti senam pagi dan lomba memancing. Tujuannya agar mereka mau peduli dengan menjaga lingkungan sekitar. Selain untuk menjaga alam tetap lestari, manfaatnya akan bisa dirasakan langsung yaitu sebagai tempat rekreasi yang murah.











“Untuk sekarang karena terbentur masalah dana, kondisinya masih seperti ini mas, semoga sekitar awal tahun depan bisa menambah fasilitas – fasilitas pendukung seperti tempat bermain anak - anak, outbond dan fliying fox supaya masyarakat lebih tertarik untuk datang kesini”, jelas Bu Wiwin salah seorang relawan yang cukup getol dan semangat di komunitas tersebut.

“Selain itu sebenarnya ada rencana mau bikin kampung kopi khas Pule mas, tapi kita kerjakan dulu satu - satu. Sering mas kita dianggap gila karena punya ide - ide yang terlalu tinggi”, tambahnya sambil tertawa.

Kecamatan Pule memang salah satu kecamatan yang masih belum begitu familiar dalam hal destinasi wisata. Baru beberapa tahun terakhir ini, ada gerakan dari masyarakat untuk mau mengidupkan potensi – potensi yang ada disana. Berbeda dengan kecamatan Panggul atau Watulimo yang cukup dikenal masyarakat dengan beberapa wisata pantainya yang cukup menawan. Udara yang sejuk daerah pegunungan, Wana Wisata EMBUNG TAMBONG bisa menjadi alternatif anda dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan. 







1 comment: