Tuesday, June 6, 2017

Bertahan Tergerus Jaman


kaboeline.com - Di rumah anda masih ada alat untuk memutar film, video atau musik yang kebanyakan orang biasa menyebutnya VCD player. Di era 2000an ketika model pita kaset sudah mulai ditinggalkan, munculah produk baru bagi penikmat film atau music yaitu berupa kepingan-kepingan Compact Disc atau CD. Bisnis persewaan CD film pernah booming di daerah saya ini, sehingga dengan mudah remaja-remaja pecinta film bisa sewa untuk berburu film yang sedang up to date. TITANIC, KUCH KUCH HOTA HAI dari negeri Bollywood menjadi film paling laris pada masa itu.

Atau bahkan pecinta musik yang dulu sangat mengidolakan musisi dalam negeri seperti DEWA19, PADI, SHEILA on 7, sampai WESTLIFE atau BOYZONE akan selalu berburu untuk mencari CD bajakan terbaru mereka walaupun video klipnya banyak yang palsu. 

Sampai kemudian akhirnya berkembang dengan adanya sistem teknologi digital, dimana kita bisa mengcopy file-file musik berupa mp3 ke mesin pemutar atau dikenal mp3 player. Film - film pun dengan mudah bisa kita dapatkan yaitu didownload dari internet. Inilah masa-masa kritis para penjual CD atau cassete, banyak dari mereka yang gulung tikar tergantikan dengan munculnya para pengusaha warnet. 

Dimanapun ada warnet disitulah banyak anak muda yang seakan-akan menemukan dunia baru. Mereka menamakan "DUNIA MAYA". Dunia ini dianggapnya menjadi bagian penting anak remaja, jadi kalau tidak paham dengan dunia maya berarti dia bisa dicap anak yang ndeso, ora gaul dan sebagainya.

Maka dari itu, penjual CD film atau lagu-lagu yang sekarang masih bertahan berjualan mungkin bisa dihitung dengan jari. Itupun omset penjualannya tak sebesar dulu. Karena dengan mbah Youtube  kita bisa mendapatkan film atau lagu apa saja yang kita inginkan dalam waktu yang sangat singkat.



0 comments:

Post a Comment